Menjadi Karakter Unggul Dengan Merubah Sikap

/
1 Comments
     Mengapa sikap sulit di rubah? Jawabannya tentu karena sikap merupakan sesuatu yang telah mendominasi hidup dan telah menguasai diri seseorang. Sikap sendiri lahir dari lingkungan keluarga dan berkembang di lingkungan masyarakat serta sekolah maupun tempat bermain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sikap merupakan sesuatu yang mendasar dan butuh banyak waktu mengubahnya (tidak mudah).
   “Rubahlah Sikap untuk mengubah hidup!”

   Kesejahteraan sejati bukan diukur dari apa yang seseorang miliki dan bukan pula diukur dari kepopuleran yang dimilikinya, melainkan dengan seberapa besar kenyamanannya dalam hidup dan seberapa besar semangat hidup yang selalu hidup dalam diri seseorang tersebut.

   Pada posting kali ini Edy akan mengulas mengenai bagaimana Menjadi Karakter Unggul Dengan Merubah Sikap.

Berikut trik jitu untuk Menjadi Karakter Unggul Dengan Merubah Sikap :

1. Memahami kekuatan Sikap.
Sikap memiliki sifat dorong yg sangat kuat, sikap juga mampu mendorong diri ke hal positif maupun sebaliknya. Pahamilah sikap, cari titik lemahnya dan berusaha lah untuk menghindarinya secara perlahan.
Setelah memahami kekuatan sikap, berusaha untuk memperindah hati dengan nuansa keimanan atau Spiritual Power.

2. Bertanggung jawab atas diri sendiri.
Untuk mewujudkan setiap Sikap ke dalam tindakan, hendaknya seseorang harus memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri. Seseorang harus mampu memimpin dirinya sediri dan mengarah kepada tujuan yang sebenarnya, yaitu menjadikan diri sebagai pribadi yang ber karakter unggul. Berusahalah untuk jujur terhadap diri sendiri dan berusahalah menahan setiap gangguan yang datang secara bertubi-tubi baik dari luar maupun dari dalam diri.

3. Mengenali hal yang dapat menghambat Sikap baik.
Jelas saja hal penghambat yang dimaksud di sini ialah hal negatif yang merugikan. Di kehidupan ini manusia tidak lepas dari yang namanya pengaruh,  baik itu pengaruh lingkungan sosial di mana manusia itu tinggal, keluarga, maupun media tempat seseorang mencari informasi. Ada dua hal yang akan muncul dari berbagai pengaruh tersebut yaitu pengaruh positif dan negatif, namun  sebisanya dari pengaruh tersebut harus diusahakan untuk berbaur hanya dengan lingkungan positif saja.

4. Mengubah kebiasaan buruk.
Nah ini yang saya katakan sebelumnya, sifat itu dapat di rubah. Setiap orang selalu melakukan hal yang sama karena telah terbiasa, kebiasaan timbul karena adanya rasa nyaman dan apabila seseorang keluar dari posisi nyaman tersebut akan menimbulkan ke gelisahan (stres). Nah maksudnya di sini adalah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut seseorang harus mampu beranjak dari posisi nyaman, lakukan hal baik berulang-ulang, biasakan diri dengan tindakan baik dan pikiran positif.
Awalnya Memang sulit dan terasa aneh namun perlahan pasti akan terasa nyaman dan nikmati terus hingga terbiasa dengan hal positif. Apabila telah terbiasa usahakanlah untuk mempertahankannya.

5. Menentukan tujuan hidup.
Apa tujuan hidup anda? Pertanyaan pendek namun tak semua orang dapat menjawab dengan lantang. Apa itu tujuan, tujuan adalah sesuatu sasaran yang akan dicapai. Tujuan hidup adalah sebuah perencanaan dan sasaran yang akan dituju untuk hidup ke depan dengan mempertimbangkan waktu dan cara pencapaiannya.
Jadi tujuan hidup itu muncul dari dalam diri sendiri dan hanya dapat ditentukan oleh diri sendiri,  hidup akan hambar tanpa tujuan. Tujuan hidup juga akan mendorong diri ke arah penggapaian tujuan tersebut. Tujuan hidup merupakan salah satu elemen penting penentu kesuksesan hidup seseorang, bayangkan saja sebuah tindakan apabila dilakukan tanpa tujuan bagaimana hasilnya? Pasti berantakan dan tak akan jelas kapan proses pencapaiannya atau bahkan tak akan pernah tercapai.
“Tentukan rencanamu, tentukan tujuan hidupmu, tentukan masa depanmu dan tentukan hidupmu!”(@edysutera)

6. Menjadi sosok pro aktif
Dalam kehidupan ini tak ada yg namanya jalan mulus tanpa rintangan, hambatan dan masalah selalu saja ber munculan disaat-saat tertenntu dan mampu membuat seseorang terkadang patah semangat dan hilang arah. Dalam keadaan seperti inilah sosok Pro Aktif sangat dibutuhkan untuk menyikapi segala masalah dengan tindakan Positif. Di sini  seseorang akan terbiasa menyikapi segala masalah yg berdatangan terus menerus sehingga akan terbiasa. Yakinlah bahwa Tuhan itu tidak akan pernah menguji hambanya dengan ujian yg berat sedang hambanya tak mampu untuk memikulnya.
"Biasakanlah diri untuk menghadapi setiap masalah sehingga terbiasa dan jangan pernah menganggapnya sebagai sebuah Masalah!" (@edysutera


7. Mampu menjadi motivator terhadap diri sendiri.
Terkadang dalam situasi tertentu seseorang tidak tahu harus bagaimana menenangkan diri, mereka cenderung melakukan hal yang kurang bermanfaat untuk melampiaskan masalahnya.  Nah, apabila diri tengah mengalami sebuah masalah usahakanlah untuk menyelesaikannya sendiri dan intropeksi lah diri serta dekatkan jiwa kepada yang Esa karena hanya kepada -Nya jua kita hendaknya berserah. Usahakan agar selalu berfikir positif dan coba lah meyakinkan diri dengan memberi motivasi-motivasi. Dimulai dengan menulis quote-quote yg dirasa paling ngena ke hati, atau membaca buku/artikel tentang motivasi-motivasi hidup.

8. Mengembangkan hubungan yang berpotensi.
Bergaullah hanya dengan orang baik-baik, berbaurlah hanya dengan lingkungan yang baik dan biasakan diri dengan hal yang baik.
Dengan berbaur bersama orang/lingkungan baik maka hidup juga akan terbiasa dengan hal positif serta berpotensi terjadinya perubahan yang baik terhadap diri.
Namun kita tidak boleh untuk mengasingkan diri dengan mengelompok-kelompokkan teman serta memusuhi mereka yang pergaulanya kurang baik, bertindak lah sewajarnya dan usahakan tetap ber Karakter Unggul.

9. Mendekatkan diri kepada sang pencipta.
Seperti yang kita ketahui tiada yang dapat kita lakukan tanpa izinnya, segala hal yang kita miliki tiada sedikit pun sebanding dengan kuasanya. Dekatkanlah diri kepada-Nya dan berusahalah menaati segala perintah-Nya serta ikutilah sunah dari Rasul  utusan-Nya. Lakukan ibadah dan mohonkanlah agar diberikan ketenangan bagi hati kita.
Apabila diri telah terbiasa beribadah dan iman pun telah kokoh bagaikan karang niscaya tiada lagi yang mampu menggoyahkan serta membawa kita ke arah yang tidak diinginkan. Bukankah beribadah dapat menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar? maka perbanyaklah ibadah dan dapatkan ketenangan jiwa yg sesungguhnya.

Nah, itulah langkah-langkah yang musti ditempuh agar dapat Menjadi Karakter Unggul Dengan Merubah Sikap. Memang tak mudah untuk Merubah Sikap, meskipun demikian lakukanlah dengan usaha dan tekad yg bulat niscaya semua akan berjalan sesuai rencana. Mulailah beranjak dari posisi nyaman, lakukanlah mulai dari hal terkecil secara berulang dan bertahap, berusahalah dan semoga sukses menjadi pribadi ber Karakter Unggul yg disenangi oleh semua orang.

"Attitude Change Everything "
Semoga posting kali ini bermanfaat, terima kasih  dan salam SUKSES !



You may also like

1 komentar:

POSTINGAN MENARIK LAINNYA

EDY SUTERA JAYA. Diberdayakan oleh Blogger.