12 Tips Sukses Wawancara Kerja

/
0 Comments


   Hai sahabat, bagimana kabar kuliahnya, masih lancar bukan? atau sudah hampir wisuda? widihh kereenn hehe..

   Oh iya, kali ini Edy mau tanya, Apa yg akan sobat lakukan jika selesai wisuda nanti? Apakah mencari pekerjaan, meneruskan usaha orangtua atau membuka usaha sendiri? Atau mungkin ada yg setelah wisuda langsung menikah karena telah ditunggu-tunggu oleh kekasih hatinya. ah, pasti macam-macam jawabannya.

   Hmm, jika sahabat akan mencari pekerjaan atau berniat melamar pekerjaan sebagai karyawan, sobat harus tahu trik apa saja yg harus dilakukan agar dapat menarik perhatian penguji saat wawancara kerja nanti.

   Sebelumnya Edy mau tanya, apakah sahabat memiliki IPK yang tinggi pada saat kuliah dulu? Atau sahabat termasuk kategori mahasiswa terpintar (wisuda dengan nilai cumload).?
eehh... tunggu dulu, Perusahaan tidak menjadikan IPK sebagai tolak ukur utama dalam penerimaan karyawan barunya.

"Lalu bagaimana?"

Jangan bingung, berikut Edy telah menyajikan 11 Tips Sukses Wawancara Kerja. Langsung saja  :)

11 Tips Sukses Wawancara Kerja : 

1. Pelajari profil perusahaan atau setidaknya kondisi perusahaan yang akan sahabat datangi, pastikan perusahaan yang dituju saat itu tidak lagi dalam keadaan bangkrut atau bermasalah. Pastikan sahabat telah memiliki gambaran pekerjaan atau posisi kerja di perusahaan yang dituju. (penting)

2. Berlatihlah untuk menjawab pertanyaan yang umum ditanayakan seperti berikut ini:
"apa yang dapat anda berikan untuk perusahaaan ini ?"
"mengapa anda ingin bekerja di perusahaan ini ?"
"mengapa kami harus menerima anda ?"
"apa rencana karier anda untuk kedepan nya ?"   (penting).

3. Perhatikanlah penampilan, pastikan sahabat datang dengan penampilan yg sopan dan usahakan untuk tidak memakai aksesoris berlebihan serta pakaian yg berwarna terlalu mencolok. Karena berpenampilan rapi dapat memberi kesan baik pada diri sahabat dan dari situ pula profesionalisme sahabat di nilai. (penting)

4. Aturlah waktu berangkat, datanglah lebih awal dan jangan sampai terlambat. Jika sampai terlambat, itu akan memberi kesan yg buruk. Sahabat akan dinilai tidak disiplin.
Salah satu keuntungan apabila sahabat datang lebih awal yaitu bisa lebih tenang karena tidak merasa terburu-buru, bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan situasi kantor sehingga sahabat bisa lebih tenang dan lebih percaya diri (penting).

5. Tariklah napas agar tetap tenang, jangan lupa berdoa terlebih dahulu agar sahabat lebih percayadiri.

6. Jangan lupa mengucapkan salam sebelum masuk dan usahakan untuk menutup pintu kembali (penting).

7. Lakukanlah kontak mata dan beri senyuman, perkenalkan diri sobat dan lakukanah jabat tangan (jangan terlalu lembek saat bersalaman karena org yg bersemangat dapat dinilai dari cara dia bersalaman, usahakan menggenggam tangannya sedikit kuat, tapi jangan terlalu kuat yg menyebabkan penguji menjadi terganggu). Bersikaplah se tenang mungkin.

8. Jangan duduk sebelum dipersilahkan atau mintalah ijin "boleh saya duduk" kepada orang yang akan mewawancarai anda (penting).

9. Perhatikan posisi duduk, usahakan duduk dengan posisi tegap karena orang yang duduk dengan posisi nunduk/bungkuk terkesan tidak semangat atau pemalas. Perusahaan hanya menginginkan tipe karyawan yg bersemangat.
Letakkan tangan diatas paha, usahakan tetap fokus dan tetap tenang (penting).

10. Jangan mudah terpengaruh oleh gangguan atau godaan dari penguji, sebab mereka biasanya memberi permen atau rokok kepada sobat guna menguji ketenangan dan keseimban kosentrasi sobat.
Usahakan untuk menahan diri agar tidak menerimanya dan tetaplah tenang (penting).

11. Jawablah pertanyaan dengan sejujur mungkin, karena penguji akan terus mengajukan pertanyaan khusus kepada sahabat sehingga memungkinkan sahabat untuk berbohong. Jangan terlalu berlebihan dalam memberi jawaban, usahakan menjawab pertanyaan dengan singkat dan sederhana.

12. Hati-hati dengan pertanyaan menjebak dan hati-hati pula dalam menjawab.
Ucapkan terimakasih saat Wawancara Kerjan selesai, bersikaplah sopan dan wajar (penting).

***

Itulah 11 Tips Sukses Wawancara Kerja, selamat mencoba dan semoga SUKSES !  :)

Baca juga :



You may also like

Tidak ada komentar:

POSTINGAN MENARIK LAINNYA

EDY SUTERA JAYA. Diberdayakan oleh Blogger.